Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Artikel Rekayasa perangkat lunak.

     Rekaya Perangkat Lunak 

Rekayasa Perangkat Lunak atau Software Engineering - Apradiz Blog

    Assalamualaikum wr wb sahabat news kembali lagi bersama admin kali ini kita bakal bahas seputar perangkat lunak.Mari kita simak penjelasannya di bawah.

     Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas. IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak. Rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna. 

Kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:

  1. Dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability)
  2. Dapat mengikuti perkembangan teknologi (dependability)
  3. Dapat mengikuti keinginan pengguna (robust)
  4. Efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
  5. Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan (usability)
Karakteristik dan Atribut Perangkat Lunak
  1. Software merupakan elemen sistem logik dan bukan elemen sistem fisik seperti hardware.
  2. Elemen itu tidak aus, tetapi bisa rusak.
  3. Elemen software itu direkayasa atau dikembangkan dan bukan dibuat di pabrik seperti hardware
  4. Software itu tidak bisa dirakit. 
Atribut perangkat lunak :
  1. Dapat dipelihara : Perangkat lunak dapat ditulis sedemikian rupa sehingga perangkat lunak dapat berubah seiring dengan perubahan kebutuhan pelanggan.
  2. Dapat diandalkan : Perangkat lunak mempunyai serangkaian karakteristik, termasuk keandalan, keamanan dan keselamatan.
  3. Efisien : Perangkat lunak tidak boleh menggunakan sumber daya sistem seperti siklus memori dan prosesor.
  4. Kemampupakaian : Perangkat lunak harus dapat dipakai, memiliki interface user yang bagus dan dokumentasi yang mencukupi

 

Jenis-jenis Perangkat Lunak

Dilihat dari sudut pandang fungsinya, perangkat lunak dapat dikelompokkan menjadi :

1. Perangkat lunak sistem

Perangkat lunak yang kegunaannya lebih banyak ditujukan untuk operasional komputer.

  • Sistem operasi
  • Penerjemah bahasa pemrograman (compiler/interpreter)
2. Perangkat lunak aplikasi

Perangkat lunak yang kegunaannya lebih banyak ditujukan untuk membantu menyelesaikan masalalah-masalah yang dihadapi oleh pemakai.

  • Program paket yang sudah jadi
  • Program aplikasi buatan sendiri
Sedangkan dilihat dari aplikasinya, perangkat lunak dibedakan menjadi:
 
1.Perangkat Lunak Waktu Nyata (Real Time Software)
    Perangkat lunak yang digunakan untuk mengukur/menganalisis atau mengontrol proses pemasukan data dari lingkungan luar sampai menghasilkan laporan yang diinginkan 
2.Perangkat Lunak Bisnis (Business Software
    Perangkat lunak yang memberikan fasilitas operasi untuk bisnis atau fasilitas pengambilan keputusan manajemen, contoh sistem akuntansi, inventory, payroll dan lain-lain 
3.Perangat Lunak Rekayasa dan Sains (Engineering and Scientific Software
    Perangkat lunak yang digunakan di dalam bidang aplikasi teknik dan kerekayasaan perangkat lunak jenis ini biasanya berhubungan dengan komputasi data numerik, CAD (Computer Aided Design), simulasi sistem, dan lain-lain. 
4.Embedded Software 
    Perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol suatu produk dan sistem dimana perangkat lunak tersebut disimpan. Biasanya ditempatkan di ROM, contoh Tombol di Microwave Oven 
Perangkat Lunak Komputer Pribadi (Personal Computer Software)
Banyak digunakan pada aplikasi yang bersifat perorangan, contohnya: pengolah kata, spreadsheet, game, DBMS dan lain-lain.
 5.Perangkat Lunak Intelegensia Buatan (Artificial Intelligent Software) 
    Dibuat dengan menggunakan teknik algoritma non-numerik untuk memecahkan masalah yang kompleks, digunakan dalam bidang aplikasi kecerdasan buatan, contohnya: game, expert sistem, neural network, Turbo Prolog, dan lain-lain. 
6.Perangkat Lunak Sistem (Sistem Software).
Sekumpulan program yang ditulis untuk kepentingan program lain, contoh editor, driver dan lain-lain .

Mungkin hanya sekian artikel yang dapat admin sampai kan kali ini apabila ada kekurangan mohon di maafkan dan kalian juga bisa komen di bawah bagaimana agar blog ini kedepannya bisa lebih baik lagi sekian terimakasih sahabat news, jangan lupa bahagia:))
wassalamualaikum wr wb.

Posting Komentar

0 Komentar

Penerapan kercadasan buatan dalam kehidupan sehari-hari