PENGGUNAAN INTERNET DALAM BISNIS
Assalamualikum wr wb baiklah kali ini kita bakalan bahas seputar penggunaan internet marketing mari kita simak penjelasannya di bawah.
Pengertian internet marketing serta penggunaannya
Penggunaan internet dalam bisnis mengalami perkembangan, dari pertukaraninformasi secara elektronik ke aplikasi strategi bisnis, seperti: pemasaran, penjualan,dan pelayanan pelanggan. Tabel 1 menunjukkan sepuluh perusahaan rangkingtertinggi di Amerika Serikat yang telah menerapkan internet untuk strategi bisnis.Internet mendukung komunikasi dan kerja sama global antara pegawai,konsumen, penjual, dan rekan bisnis yang lain. Internet memungkinkan orang dariorganisasi atau lokasi yang berbeda bekerja sama sebagai satu tim virtual untukmengembangkan, memproduksi, memasarkan, dan memelihara produk ataupelayanan. Dengan internet memungkinkan aplikasi Electronic Commerce (EC) dapatdigunakan pada jaringan global, dan biasanya dilengkapi dengan aplikasi pemrosesanpesanan secara On-line, Electronic Data Interchange (EDI) untuk mengirim dokumenbisnis, dan keamanan sistem pembayaran Electronic Funds Transfer (EFT).Akibat internet, pemasaran terhadap perusahaan, produk, dan pelayanan menjadiproses yang interaktif saat ini. Situs Web perusahaan bukan hanya sekedarmenyajikan katalog produk dan media promosi, melainkan digunakan untuk berdialog,berdiskusi, dan berkonsultasi dengan konsumen secara On-line, bulletin boards,kuesioner elektronik, mailing lists, dan pengiriman surat elektronik. Sehinggakonsumen dapat dilibatkan secara langsung dalam perancangan, pengembangan,pemasaran, dan penjualan produk.
PEMASARAN INTERAKTIF
Tujuan dari pemasaran interaktif adalah untuk memikat dan memeliharakonsumen yang akan menjadi rekan bisnis dalam penciptaan, pembelian, danpengembangan produk dan layanan. Konsumen tidak hanya sebagai peserta pasif yangmenerima iklan sebelum membeli, melainkan konsumen diharapkan proaktif daninteraktif dalam pemasaran.Proses pemasaran interaktif meliputi 2 metode: Push dan Pull Marketing.Maksudnya adalah bahan pemasaran disajikan pada layar komputer konsumenmenggunakan teknologi Push dan Pull Marketing. Pull Marketing menyerahkansepenuhnya kepada konsumen yang membutuhkan informasi, baik melalui internetatau Web menggunakan Web browser; untuk mencari, membaca atau downloadinformasi dari situs Web perusahaan. Sedangkan Push Marketing lebihmenggantungkan pada Software Web Broadcastersatau Net Broadcasters
Penggunaan Teknologi Internet Dalam Bisnis
Memperbaiki pelayanan konsumen yang sudah ada melalui fungsi pelayanan dandukungan Web konsumen.c.Mengembangkan saluran pemasaran dan distribusi berdasarkan Web yang baruuntuk produk yang sudah ada.d.Mengembangkan informasi baru dari produk yang dapat diakses lewat Web.Aplikasi berdasarkan internet dapat memberi keunggulan strategi bisnis untukmemenangkan kompetisi dalam:
a.Global Dissemination.
Karena sekarang negara-negara sudah tersambung denganinternet, komunikasi global dalam bisnis menjadi benar-benar hidup. E-mail,electronic mailing list, situs World WideWeb, dan pelayanan internet lainnya,mengakibatkan penyebaran informasi sekala internasional menjadi lebih cepat,murah dan mudah. Hal ini memberi keuntungan strategi bisnis dalammeningkatkan penghematan dan efisiensi komunikasi global, dan mampu untukmenjangkau, menjual, serta pengembangan pelayanan pasar konsumeninternasional.
b.Interaction.
Komunikasi interaktif adalah kemampuan internet yang lain, seperti:forum diskusi dan chatgroups; Formulir interaktif untuk pesanan, feedback, dandukungan teknis; E-mail untuk menjawab permintaan dan komentar secara on-line.Feedback yang cepat dan efisien kepada konsumen dan tanggapan dari konsumensupport specialists memberi beberapa kesempatan untuk menunjukkan perhatianperusahaan pada konsumennya. Sehingga teknologi internet membantu bisnismembangun peranan dan loyalitas konsumen.
c.Customization.
Kemampuan untuk mengotomatisasi penyediaan informasi danpelayanan sesuai kebutuhan masing-masing konsumen, merupakan kemampuanstrategi bisnis internet. Informasi dapat diakses dan disebarkan dari serverjaringan, tergantung pada kebutuhan pemakainya. Sebagai contoh: mengisi formulirpendaftaran untuk pengaksesan yang cepat dalam memilih tingkat situs Web.Efisiensi, biaya murah, dan sasaran pemasaran interaktif kepada masing-masingkonsumen adalah kunci keunggulan bisnis dengan teknologi internet.
d.Collaboration.
Internet mungkin memudahkan dan mengefisienkan akses data,hardware dan software yang ada pada jaringan secara bersama. Sebagai contoh:informasi pada situs Webdapat diperoleh dengan mudah menggunakan Webbrowsers. Groupware tools yang lain membantu koordinasi proyek dan mengurusinformasi yang disimpan pada server situs Webcross-link. Hal ini dapatmeningkatkan kerja sama diantara tim, workgroups, dan rekan bisnis, sehinggadapat melengkapi peran strategi bisnis perusahaan.
e.Electronic Commerce.
Internet menjadi platform teknologi EC. Internetmenghubungkan perusahaan dengan konsumen dan penjualnya, sehinggamemungkinkan perusahaan pengguna internet dapat memasarkan, membeli,menjual, serta mendukung produk dan pelayanan secara elektronik. Beberapakeuntungan berbisnis lewat internet terletak pada aplikasi EC. EC memungkinkanuntuk membuka pasar dan/atau membuat produk dan pelayanan baru.f.Integration. Perusahaan yang bekerja menggunakan internet mengintegrasikanaktivitas di luar dengan proses bisnis di dalam perusahaan secara online.
KEUNTUNGAN YANG DIPEROLEH KONSUMEN DARI INTERNET
Untuk beberapaperusahaan, keuntungan yang diperoleh dari internet ditimbulkan dari kemampuanmenjaga loyalitas konsumen, mengantisipasi kebutuhan konsumen mendatang,menanggapi kepedulian konsumen, dan memperbaiki pelayanan konsumen. Dari sudutpandang konsumen, perusahaan secara konsisten dapat memberikan yang terbaik,dengan menjaga kebutuhan masing-masing konsumen, mempertahankankecenderungan pasar, menyediakan informasi yang ada hubungannya secara menarik,sewaktu-waktu, dimana saja dalam beberapa media, dan menyediakan pelayanansesuai dengan kebutuhan konsumen.Hal tersebut di atas menunjukkan alasan kenapa begitu banyak perusahaanberinvestasi pada teknologi informasi cukup tinggi dan sistem komplek yang salingtersambung dengan jaringan komputer, mengingat perusahaan sedang mencarikonsumennya lewat internet.
Karena kebutuhan konsumen berkembang sangat cepat,perusahaan berharap dapat berkomunikasi dengan konsumennya lewat internet.Sehingga internet menjadi strategi dan memberi kesempatan kepada perusahaan besardan kecil untuk menawarkan secara cepat dengan biaya murah, menanggapi produkdan pelayanan dengan kualitas tinggi sesuai dengan kebutuhan konsumen.Internet membuat channel baru untuk komunikasi interaktif antara kosumen,penjual, dan rekan bisnis lainnya. Hal ini memungkinkan perusahaan berinteraksi danbekerja sama secara terus menerus dalam pengembangan produk, pemasaran,pengiriman, pelayanan, dan dukungan teknik.
Oke mungkin hanya itu yang dapat admin sampaikan menganai penggunaan internet marketing kurang dan lebihnya mohon maaf, admin akhiri wassalamualaikum wr wb. jangan lupa tersenyum:))
0 Komentar